Sabtu, 21 Mei 2011

mengetahui cara kerja virus pada komputer

Virus adalah merupakan suatu program komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer. Hal ini tentu nya sangat di hindari karena sangat merugikan si user atau pemakai komputer. Lalu virus ini memiliki berbagai jenis dan mempunyai cara kerja yang berbeda-beda,
Berikut jenis-jenis virus dan cara kerja nya :
1.Virus File
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer anda. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.

2.Virus Boot Sector
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputernya secara normal.

3.Virus E-mail
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui e-mail (biasanya dalam bentuk file lampiran/attachment). Virus memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat. Apabila Virus ini aktif, maka dia akan mengirimkan dirinya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna.

4.Virus Multipartite
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk. Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.

5.Virus Polimorfis
Virus ini mempunyai cara kerja yang unik yaitu virus ini dapat mengubah kode dirinya (berganti wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain Virus jenis lebih sulit dideteksi karena mempunyai sifat seperti itu.
6.Virus Siluman (stealth virus)
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu dia mampu Menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.

7.Virus Makro
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel.
Biasanya Dokumen yang terinfeksi oleh Virus Makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah “Save” untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.(ictfiles)


sumber:
: Dunia Komputer

mengubah ukuran dekstop


Sebagian pengguna komputer mungkin Anda suka sekali menempatkan icon yang cukup banyak di desktop. Mungkin untuk mempersingkat jalan membuka aplikasi atau bahkan mungkin karena menganggap desktop akan terlihat indah dengan banyak icon. Atau mungkin saja karena alasan yang lain. Yang jelas kali ini saya tidak akan membahas cara menempatkan icon di desktop atau cara menghilangkan icon dari desktop. Kali ini saya akan memberikan sebuah tip untuk merubah ukuran icon desktop. Artikel ini mungkin cocok bagi Anda yang suka dengan desktop yang penuh dengan icon namun ingin wallpaper Anda tetap terlihat. Kenapa? Karena dengan tips ini Anda bisa memperkecil ukuran icon di desktop Anda. Dan cocok pula dengan Anda yang ingin memperbesar ukuran icon di desktop.
Tips memperbesar icon desktop atau memperkecil icon desktop ini cukup mudah. Hanya dengan 2 langkah Anda bisa merubah ukuran icon yang ada di desktop Anda. Caranya adalah sebagai berikut:
Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard Anda. Sambil menahan tombol Ctrl, gerakkan tombol scroll mouse (tombol pada bagian paling tengah mouse) ke atas untuk memperbesar icon desktop atau ke bawah untuk memeperkecil icon desktop. Dibawah ini gambar icon desktop yang lebih besar dan lebih kecil dari biasanya.
Icon Desktop lebih besar
Icon Desktop lebih kecil
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Namun tips ini hanya bekerja pada Windows Vista dan Windows 7. Untuk pengguna Windows XP silahkan Anda cari caranya lewat Om Google aja. Jika saya uda menemukan caranya saya posting di blog saya ini.

 sunber :
Dunia Komputer